Lompat ke isi utama

Berita

Awasi Pemilihan 2024, Bawaslu Libatkan Kelompok Disabilitas

Pendidikan Politik Kelompok Disabilitas

Pendidikan Politik Kepada Penyandang Disabilitas, Jum’at (7/6) di Bawaslu Kota  Salatiga / Foto oleh: Humas Bawaslu Salatiga

SALATIGA, Badan Pengawas Pemilihan Umum Salatiga – Bawaslu Salatiga melakukan pendidikan politik kepada kelompok disabilitas di Kota Salatiga. Pertemuan bertajuk “Fasilitasi Penguatan Pemahaman Kepemiluan kepada Disabilitas” ini digelar di Media Center Bawaslu Salatiga, Jum’at (7/10).

Pemilih berkebutuhan khusus (penyandang diabilitas) perlu mendapat perhatian serius berupa pelayanan hak-hak mereka. Terlebih pasca Pemilu 2024, Bawaslu Salatiga menggandeng penyandang disabilitas dalam pertemuan ini untuk menampung aspirasi dan evaluasi penyelenggaraan Pemilu 2024.

“Pertemuan Bawaslu dengan sahabat disabilitas Kota Salatiga ini, diharapkan menjadi media keinginan penyandang diabilitas agar hak-hak mereka terpenuhi saat pemilu,'' ujar Bawaslu Kota Salatiga, Lukman Fahmi. 

Bawaslu Salatiga juga mengajak penyandang disabilitas untuk turut serta mengawasi jalannya Pemilihan 2024. Saat ini Bawaslu Salatiga juga telah membentuk grup Pengawas Partisipatif yang didalamnya terdiri dari Saka Adhyasta, Pemantau Pemilu, Kampung Pengawasan, Kampung Anti Politik Uang, Penyandang disabilitas serta masyarakat umum.

Setelah pertemuan ini, Bawaslu Salatiga akan berkoordinasi dengan stakeholder terkait khususnya KPU Salatiga terkait penyelenggaraan Pemilihan 2024 yang lebih ramah kepada disabilitas.

Tag
Bawaslu Salatiga
Pengawas Partisipatif
Disabilitas