Lompat ke isi utama

Berita

Daftar Pemilih Tetap (DPT) Salatiga Pemilihan 2024 Alami Kenaikan Signifikan

Pleno DPT

Anggota Bawaslu Salatiga, Fahmi (pojok kiri) saat mengawasi penandatanganan BA Pleno Penetapan DPT, Rabu (18/9) / Foto oleh: Humas Bawaslu Salatiga

 

SALATIGA, Badan Pengawas Pemilihan Umum Salatiga – Setelah melalui rangkaian pemutakhiran daftar pemilih mulai dari DP4 (Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan) dari Dukcapil, Coklit, DPHP, DPS, hingga DPSHP, Rabu (18/9) KPU Salatiga resmi melakukan penetapan terhadap Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kota Salatiga untuk Pemilihan 2024.

Rapat pleno penetapan DPT Pemilihan 2024 dilaksanakan di Hotel Wahid Salatiga dengan dihadiri dari unsur Bawaslu, Dukcapil, Kesbangpol, L.O Partai Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota, PPK, Kepolisian, Kepala Rutan serta Kodim 0714 Salatiga.

Jika dibandingkan dengan DPT Pemilu 2024, DPT Pemilihan 2024 mengalami kenaikan yang cuku signifikan. DPT Pemilu 2024 yakni sejumlah 146.267 Pemilih sedangkan DPT Pemilihan 2024 sejumlah 149.477 yang terdiri dari 72.382 laki-laki dan 77.095 perempuan. Sehingga terjadi kenaikan sejumlah 3.210 pemilih.

Kenaikan pemilih tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti adanya domisili masuk ke Salatiga, pemilih pemula, pensiunan TNI maupun pensiunan Polri. 

Sebelum dilaksanakan pleno DPT, Bawaslu Salatiga melalui surat nomor 1191/PM.00.02/K.JT-32/09/2024 telah memberikan saran perbaikan kepada KPU Salatiga terkait pencermatan dan pengawasan akan pleno DPSHP ditingkat kecamatan. Jajaran pengawas menemukan adanya 52 pemilih tidak memenuhi syarat (TMS) tapi masih masuk dalam daftar pemilih dan 51 pemilih memenuhi syarat (MS) namun belum masuk dalam daftar pemilih.

Temuan tersebut sudah ditindaklanjuti oleh KPU Salatiga, meskipun tidak semua ditindaklanjuti karena kurangnya data dukung.

Dalam pleno tersebut Anggota Bawaslu Salatiga, Lukman Fahmi juga memberikan catatan kepada KPU agar menuangkan catatan-catatan khusus yang terjadi selama pleno.

“Belajar dari pleno DPS, DPSHP tingkat PPS maupun PPK, tidak semua parpol maupun koalisi hadir, jadi dalam pleno DPT tingkat kota, harap dicatat betul sekiranya ada partai atau koalisi yang tidak hadir, hal ini untuk mencegah adanya residu kedepan yang mengungkit perihal pleno DPT’ ujar Fahmi.

Tag
Bawaslu Kota Salatiga
KPU Salatiga
DPT Salatiga
Pemilihan 2024