Lompat ke isi utama

Berita

Pj Walikota Salatiga : Kami Tak Segan Tindak ASN Tidak Netral

Pj.Walikota Salatiga

Pj. Walikota Salatiga saat menjadi pembicara dalam acara Peluncuran Kerawanan Pemilihan 2024 di Kota Salatiga yang diselenggarakan oleh Bawaslu Salatiga, Kamis (22/8) / Foto oleh: Humas Bawaslu Salatiga

SALATIGA, Badan Pengawas Pemilihan Umum Salatiga – Pj Walikota Salatiga, Yasip Khasani hadir sebagai narasumber dalam peluncuran kerawanan Pemilihan 2024 di Kota Salatiga yang digelar oleh Bawaslu Salatiga, Kamis (22/8).

Yasip ajak masyarakat untuk mengawal Pemilhan 2024 agar berjalan dengan lancar, baik, akuntabel dan menghasilkan walikota sesuai dengan harapan masyarakat Kota Salatiga.

Dalam pemetaan kerawanan Pemilihan 2024 di Kota Salatiga, terdapat tiga kategori kerawanan, yakni rawan tinggi, sedang dan rendah. Rawan tinggi sendiri berpotensi terjadi pada tahap pemungutan, penghitungan rekapitulasi suara serta tahap kampanye. Salah satu yang menjadi sorotan tahapan kampanye ialah Netralitas ASN. 

Pj. Walikota pun mewanti-wanti masyarakat jika mendapati ASN yang jadi tim sukses atau ASN yang bukan tim sukses tetapi tidak netral, agar diberitahukan kepadanya. Begitu pula, jika ada isu-isu yang tidak bertanggung jawab, agar tidak ditanggapi dan tidak ikut menyebarkan. 
 

“Kalau ada yang mau lapor langsung ke saya, silakan ke kantor saya, tidak akan ditolak. Insyaallah rahasia jenengan akan terjaga. Kalau tidak, nanti bisa lewat aplikasi dengan tanpa menyertakan nama untuk menjaga keamanan data diri,” tandas Yasip

Hadir pula Kapolres Salatiga melalui anggotanya Asronie yang menyampaikan materi perihal antisipasi kerawanan Pemilihan 2024 Kota Salatiga. Ronie menerangkan ke peserta teknis pelaporan pelanggaran Pemilihan dan strategi pengawalan Pemilihan 2024.

Sementara anggota Bawaslu Salatiga, Lukman Fahmi menekankan pentingnya peta kerawanan ini sebagai langkah antisipatif untuk mencegah potensi masalah dalam penyelenggaraan Pilkada.

“Harapan kami, potensi kerawanan dapat dikelola dan dimitigasi bersama stakeholder sehingga setiap gangguan dapat dicegah sedini mungkin,” ujar Fahmi.

Tag
Pj Walikota Salatiga
Bawaslu Kota Salatiga
Netralitas ASN TNI Polri