Lompat ke isi utama

Berita

Tingkatkan Sinergitas, Bawaslu, Polres dan Kejaksaan Salatiga Jalin Kerjasama

Guna mengawal tahapan demi tahapan Pemilu dan Pemilihan 2024 agar berjalan dengan baik, Polres Salatiga, Bawaslu Salatiga dan Kejaksaan Negeri Salatiga menjalin kerjasama.

Adapun kerjasama yang dijalin yakni tentang sinergitas pelaksanaan tugas dan fungsi dalam pengawasan penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2024 di wilayah Kota Salatiga.

Penandatanganan kerjasama yang dilakukan pada 11 Oktober 2023 di Polres Salatiga ini bertujuan selain untuk meningkatkan sinergitas dalam pengawasan Pemilu 2024 tentu juga untuk melakukan penegakan hukum dalam tindak pidana pemilu.

Ruang lingkup perjanjian ini mencangkup seperti pertukaran dan pemanfaatan data informasi, pengawasan ruang digital, bantuan pengamanan, penegakan hukum, peningkatan kapasitas dan optimalisasi SDM, pemanfaatan sarana prasarana dan bidang-bidang lain yang disepakati.

Ketua Bawaslu Salatiga, Dayusman Junus menyambut baik kerjasama yang terjalin ini. Dalam penandatanganan MoU ini, pihaknya beranggapan dengan adanya perjanjian kerjasama ini tentu membuat pengawasan tahapan semakin maksimal.

“Tentu kami sangat senang dan berterimakasih karena dengan adanya MoU meringankan tugas kami dengan hadirnya Polres dan Kejaksaan Salatiga dan tentu membuat kerja pengawasan Pemilu dan Pemilihan 2024 semakin maksimal, selain itu tentu akan meningkatkan sinergi kami yang sebelumnya sudah tergabung dalam Gakkumdu” ucap Dayus.

Jangka waktu perjanjian kerjasama ini berlangsung sejak ditandatanganinya MoU dan berakhir ketika seluruh tahapan Pemilu dan Pemilihan 2024 sudah selesai serta diperbaharui atau diperpanjang sesuai dengan kebutuhan berdasarkan evaluasi dan kesepakatan para pihak .

Tag
Berita