Lompat ke isi utama

Berita

Yusman Ajak Tokoh Masyarakat Tingkir Turut Awasi Coklit

Sosialisasi

Dayusman Junus saat menjadi narasumber dalam Workshop Pemilihan 2024 yang digelar oleh Kecamatan Tingkir, Rabu (26/6) di Aula Kecamatan Tingkir / Foto oleh: Humas Panwascam Tingkir

SALATIGA, Badan Pengawas Pemilihan Umum Salatiga – Tahap Pemilihan 2024 menginjak tahap pencocokan dan penelitian (coklit) daftar Pemilih. Penting halnya sinergi yang kuat antara penyelenggara Pemilu dan Pemerintah dalam mengedukasi masyarakat dalam menyambut gelaran Pemilihan 2024.

Rabu (26/6), Kecamatan Tingkir Kota Salatiga mengadakan workshop Pemilihan 2024. Kegiatan digelar di Aula Kecamatan Tingkir menghadirkan peserta dari tokoh masyarakat Tingkir seperti Ketua PKK, Ketua RW, Ketua LPMK dan Karang Taruna se-Kecamatan Tingkir. Adpaun dair unsur penyelenggara yakni PKD dan PPS.

Dayusman Junus selaku Ketua Bawaslu Salatiga hadir sebagai narasumber. Dalam materinya, pria yang kerap di sapa Pak Yus menyampaikan pentingnya peran aktif pengawas partisipatif salah satunya tokoh-tokoh masyarakat.

“Dalam melakukan tugas pengawasan Pemilihan 2024, selain Bawaslu, tentu masyarakat juga menjadi partisipan pengawas dalam mengawal jalannya tahapan demi tahapan Pemilihan 2024.Ini penting karena hal tersebut merupakan salah satu bentuk pencegahan pelanggaran Pemilihan serta bentuk pengawasan terhadap Pemilihan 2024, mari kita kawal dan awasi tahap yang kini berjalan yakni coklit, laporkan setiap dugaan pelanggaran ke Bawaslu, bisa juga ke Panwascam atau PKD” ujar Dayus.

Masyarakat juga dapat melaporkan dugaan pelanggaran Pemilihan 2024 kepada jajaran pengawas terdekat. Pengawas partisipatif sendiri diatur dalam Perbawaslu 2 Tahun 2023 tentang Pengawas Partisipatif.

Tag
Daftar Pemilih Sementara
Pemilihan 2024
Dayusman Junus
Kecamatan Tingkir
Pengawas Partisipatif
Bawaslu Salatiga